Minggu, 13 November 2011

S1 Teknik Telekomunikasi


Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 007/BAN-PT/Ak-XII/S1/V/2009 tanggal 6 Mei 2009

Kurikulum Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi dirancang dengan total beban 145 sks untuk lama studi 4 tahun/8 semester. Bagi para mahasiswa yang dapat menjaga IP Semester tidak kurang dari 3,00 pada setiap akhir semester telah disediakan perencanaan studi melalui Skema Kurikulum Akselerasi 3,5 tahun/7 semester.

Selain itu, pada Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi juga diselenggarakan Kelas Pindahan D3 ke S1 yang merupakan program lanjutan bagi lulusan Program Studi D3 yang sesuai dan dengan persyaratan akademis yang ditentukan berdasarkan ujian seleksi. Kurikulum Kelas Pindahan D3 ke S1 Teknik Telekomunikasi dirancang untuk lama studi 2 tahun/4 semester dengan beban studi 53 sks untuk lulusan D3 IT Telkom atau 59 sks untuk lulusan D3 non-IT Telkom.

Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan Program S1 Teknik Telekomunikasi

Visi Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi
Menjadi Program Studi  S1 Teknik Telekomunikasi terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang mampu menghasilkan sarjana Teknik Telekomunikasi yang berkeahlian di bidang informasi dan komunikasi, khususnya wireless communication, dan dapat mengikuti perkembangan teknologi telekomunikasi.

Misi Program  Studi S1 Teknik Telekomunikasi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan unggulan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi informasi dan telekomunikasi sesuai dengan  kompetensi teknik telekomunikasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas internasional di bidang informasi dan telekomunikasi dengan melibatkan mahasiswa secara aktif.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan prinsip menyebarluaskan ilmu dan teknologi hasil penelitian kepada masyarakat luas terutama dengan bekerjasama secara sinergis dengan institusi akademis dan non akademis lain.

Sasaran (Program Educational Objectives)
Sasaran penyelenggaraan Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi diarahkan pada hasil lulusan agar memiliki kualifikasi sebagai berikut:
  1. Memberikan kepada mahasiswa pemahaman terhadap pengetahuan dasar, keterampilan, keahlian, dan wawasan berikut perkembangannya pada bidang teknik telekomunikasi, agar lulusannya mampu menjawab permasalahan di bidang keahlian teknik pertelekomunikasian pada masyarakat, pada lingkup nasional maupun internasional.
  2. Memberikan kepada mahasiswa wawasan cukup luas atas perkembangan kontemporer bidang keahlian teknik telekomunikasi dan aspek-aspek lainnya untuk lebih mendorong kemajuan karir para (lulusan) lulusan.
  3. Memberikan kepada mahasiswa keterampilan berkomunikasi yang baik, kemampuan managerial, (personality), pengembangan pribadi secara mandiri atau attitude enterpreneurship, etika profesi dan penguasaan Bahasa Inggris sehingga mereka mampu menyiapkan diri untuk lingkungan kerja yang komplek dan belajar seumur hidup.
  4. Memberikan suasana akademis yang mendukung agar mahasiswa dapat mencapai tujuannya dalam bentuk program inovatif yang tajam, menantang, terbuka dan kondusif.

Tujuan (Program Outcomes)
Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi ditujukan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan agar:
  1. Para lulusan mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dasar matematika, sains dan rekayasa (engineering), keterampilan (skill), dan perlengkapan (tools) rekayasa dalam menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan teknik telekomunikasi yang dihadapi.
  2. Para lulusan mempunyai kemampuan untuk identifikasi, formulasi, dan penyelesaian masalah dengan menganut kaidah-kaidah profesional.
  3. Para lulusan mempunyai kemampuan untuk merancang, melakukan eksperimen, melakukan analisis dan interpretasi data, serta menarik kesimpulan berdasarkan metode ilmiah.
  4. Para lulusan mempunyai keterampilan dalam melakukan pemrograman dan penggunaan (minimal sebuah) software pemrograman dan (sebuah) software aplikasi.
  5. Para lulusan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara positif baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
  6. Para lulusan mempunyai pemahaman tentang tanggung jawab dan etika profesi.
  7. Para lulusan mempunyai pemahaman terhadap attitude dan keterampilan enterpreneurships baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
  8. Para lulusan mempunyai wawasan terhadap pengetahuan umum yang diperlukan untuk mengerti pengaruh solusi rekayasa dalam konteks sosial atau konteks global.
  9. Para lulusan mempunyai kesadaran untuk selalu belajar seumur hidup, dan bersifat terbuka terhadap perkembangan yang ada.
  10. Para lulusan mempunyai wawasan terhadap perkembangan kontemporer teknologi dalam bidang keahlian Teknik Telekomunikasi.
  11. Para lulusan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam pertemuan resmi.
  12. Para lulusan mempunyai sedikitnya sebuah sertifikat internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar